Cara Mengobati Sakit Amandel secara sederhana - www.retqa.my.id

Cara Mengobati Sakit Amandel secara sederhana

Konten [Tampil]
Bagi sedulur portal manyaran tentu mengetahui penyakit amandel.Penyakit amandel dapat menyerang siapa saja baik pria atau wanita,baik dewasa atau pun anak-anak.Mendengar penyakit ini kebanyakan orang pasti akan takut bila harus menjalani operasi atau tonsilektomi.Padahal sebebarnya sakit amandel ini bisa di obati dengan cara sederhana dan tanpa operasi.Berikut ini beberapa cara sederhana mengobati sakit Amandel.


Rata-rata orang akan takut bila tahu mempunyai sakit amandel,takut kedokter,takut dioperasi dsb.Padahal penyakit amandel yang perlu penanganan operasi bila kondisi sakit ini sudah mencapai taraf:
-Sulit bernapas.
-Antibiotik sudah tidak mempan melawan bakteri penyebab radang.
-Sudah berkali-kali kena infeksi (penyakit amandel kronis).
-Perdarahan pada amandel.
-Sleep apnea, kondisi di mana Anda sering berhenti bernapas ketika tidur.

Jadi bagi sedulur portal manyaran yang sedang menderita penyakit amandel dan belum sampai tahap kondisi diatas tidaklah perlu langsung takut di operasi.Sebab dengan cara sederhana di bawah ini sudah cukup untuk menangani sakit amandel anda.

1.Beristirahat yang cukup.

Saat tubuh anda beraktifitas,tubuh kita memerlukan banyak energi.Sedangkan dalam proses penyembuhan sakit amandel tubuh juga memerlukan banyak energi untuk proses penyembuhan.

Jadi istrahat yang cukup adalah salah satu cara sederhan untuk mengobati sakit amandel.

2.Makan makanan yang lembut.

Sebaiknya saat sedulur portal manyaran menderita sakit amandel sebaiknya makan makanan yang lembut-lembut terlebih dahulu,seperti bubur,sup dan  makanan berkuah lainnya.

Hindari makanan yang berminyak seperti goreng-gorengan dan yang pedas-pedas.Hal ini untuk menghindari tenggorokan anda terkene iritasi yang semakin parah.

3.Kumur dengan air garam.

Untuk orang dewasa dan anak-anak diatas 8 tahun,salah satu cara sederhana untuk mengobati amandel adalah dengan berkumur dengan air garam.

Cara membuat larutan ini adalah mencampurkan satu sendok teh garam dengan satu gelas air hangat.Lalu gunakan laruran tersebut untuk berkumur selama 30 detik,lalu muntahkan.

4. Minum obat pereda nyeri

Bila rasa sakit di tenggorokan sudah tidak tertahankan lagi, sedulur portal manyaran bisa minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Buat anak-anak di bawah lima tahun, konsultasikan dulu dengan dokter anak obat pereda nyeri seperti apa yang aman dikonsumsi.

5. Banyak minum

Jaga tenggorokan dan amandel Anda agar tetap lembap. Amandel yang kering akan terasa semakin perih. Jadi, pastikan Anda banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi. Anda boleh minum air hangat agar tenggorokan lebih tenang. Namun, air dingin juga baik untuk meredakan rasa nyeri. Anda bisa memilih sendiri mana yang paling nyaman buat tenggorokan Anda.


Itulah cara-cara sederhana untuk mengobati sakit amandel yang bisa anda terapakan dirumah.Namun bila sakit amandel semakin parah sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.Semoga artikel diatas bermanfaat dan menambah wawasan sedulur portal manyaran dimanapun anda berada.Terimakasih.

0 Response to "Cara Mengobati Sakit Amandel secara sederhana"

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun dan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel