Mengenal motif kain batik werkudara. - www.retqa.my.id

Mengenal motif kain batik werkudara.

Konten [Tampil]

 Sugeng rawuh sedulur portal manyaran. Siapa yang tidak mengenal Raden werkudara, mayoritas pecinta budaya wayang pasti mengenal satriya yang satu ini. Kesatria jodhipati yang di kenal sebagai penegak pandawa ini hampir selalu ada di setiap pementasan pertunjukan wayang. Tentulah hal ini menjadikanya melekat di hati kita.

Namun, meski banyak yang mengenal dan bahkan mengagumi sosok kesatriya berkuku pancanaka ini, admin yakin tidak semua mengetahui tentang kain batik yang melekat pada tubuh kesatriya yang tinggi besar ini.

Oke, pada kesempatan ini mimin portal manyaran akan membahas tentang motif kain batik yang di pakai raden werkudara. Semoga menambah wawasan dan manfaat bagi sedur portal manyaran dimana saja.

Raden werkudara


Setelah mimin portal manyaran riset dari berbagai sumber tentang motif kain batik raden werkudara, ternyata ada 2 jenis motif kain batik yang di kenakan oleh raden werkudara.

Berikut ini mimin portal manyaran akan membas secara rinci tentang motif kain batik yang di pakai oleh ayahda Raden Gathotkaca ini:

1. Kain batik poleng rwabhineda.

Motif kain batik ini digunakan oleh Raden werkudara di masa muda. Di mana kain ini mempunyai motif kotak-kotak hitam dan putih layaknya papan catur. Motif kain batik ini menggambarkan benar dan salah. Motif kain batik ini juga sesuai dengan karakter Raden werkudara yang sangat tegas mengenai tentang benar dan salah.

2. Kain batik poleng bang bintulu.

Motif kain batik ini juga memiliki corak kotak-kotak, namun yang membedakan adalah motif kain ini memiliki empat warna yaitu: merah, kuning, hitam dan putih. Ke empat warna ini mewakili elemen tanah, air, air dan api.
Motif batik ini mulai digunakan setelah Raden Werkudara mencari air suci tirta perwita. Dimana perjalan itulah yang mempertemukan penegak pandawa ini dengan Dewa Ruci. Dalam kisahnya Raden Werkudara mengerti kebenaran yang sejati.
Setelah perjalanan tersebut Raden werkudara selalu memakai kain batik ini.

Itulah sedikit pembahasan mimin portal manyaran tentang mengenal kain batik Raden werkudara. Banyak filosofi-filosofi tentang kehidupan yang dapat kita pelajari dari budaya kita. Semoga memberi manfaat, terimakasih.


0 Response to "Mengenal motif kain batik werkudara."

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun dan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel