Mengenal apa itu jamus kalimasada. - www.retqa.my.id

Mengenal apa itu jamus kalimasada.

Konten [Tampil]

 Apa itu jamus kalimasada? Sugeng rawuh sedulur portal manyaran di blog Portal manyaran Pada kesempatan kali ini mimin portal manyaran akan membahas tentang suatu kitab yang tersohor di dunia perwayangan yaitu kitab jamus kalimasada atau kitab jimat kalimasada.

Jamus kalimasada adalah pusaka yang berwujud kitab yang dimiliki oleh Raden puntadewa. Raden puntadewa sendiri notabene merupakan salah satu dari Pandawa.

Kisah terciptanya jamus kalimasada.

Jamus kalimasada dalam cerita pewayangan tercipta dari suatu peristiwa peperangan. Peristiwa tersebut menyeret nama Bathara guru dan Prabu kalimantara. Prabu kalimantara adalah raja yang memimpin kerajaan nuswantoro.

Bathara guru meminta bantuan Resi sakutrem untuk melawan Prabu kalimantara. Dalam pertarungan adu kesaktian dan olah kanuragan tersebut Resi sakutrem berhasil memenangkan peperangan. Jasad Prabu kalimantara berubah menjadi pusaka yang berwujud kitab yaitu jamus kalimasada.

Resi sakutrem kemudian memungut jamus kalimasada dan menjadikannya pusaka yang di wariskan turun temurun.

Pemilik jamus kalimasada secara turun-temurun.

  • Resi sakutrem.
  • Resi wiyasa/Abyasa.
  • Puntadewa/Yudistira.
Ada dua pendapat tentang arti dari kalimasada itu sendiri.
  1. Pendapat pertama meyakini bahwa kalimasada merupakan perwujudtan dari kalimat syahadat, karena wayang kulit merupakan media dakwah Sunan kalijaga.
  2. Pendapat kedua kalimasada berasal dari kalimat  kali maha usaddha yang berarti obat mujarab dewi kali. Karena sebelum islam masuk nuswantara, kalimasada sudah sering di sebutkan.
Terlepas dari pendapat mana yang benar, semua kembali pada kepercayaan sedulur portal manyaran masing-masing.

Pandawa



Jamus kalimasada dalam perang barathayuda.

Pusaka jamus kalimasada muncul saat Raden puntadewa berhadapan dengan Prabu salya. Pada saat itu jamus kalimasada dilemparkan dan berubah menjadi tombak yang menembus dada Prabu salya.

Itulah sedikit penjelasan tentang jamus kalimasada yang mimin portal manyaran. Semoga bermanfaat terimakasih.

0 Response to "Mengenal apa itu jamus kalimasada."

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun dan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel