Manfaat nasi tiwul untuk mengobati diabetes. - www.retqa.my.id

Manfaat nasi tiwul untuk mengobati diabetes.

Konten [Tampil]
Bagi sedulur portal manyaran pasti sudah  tidak asing lagi dengan nasi tiwul atau lebih dikenal akrab dengan nama sego tiwul. Nasi tiwul adalah salah satu makanan aternatif pengganti nasi putih yang terbuat dari ketela pohon/singkong.

Nasi tiwul ini dikenal sejak zaman dahulu pada era penjajahan karena pada masa itu nasi putih masih menjadi barang langka.Namun seiring perkembangan zaman ternyata keberadaan nasi tiwul semakin terlupakan.Tapi ternyata hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ternyata nasi tiwul dapat bermanfaat sebagai obat diabetes.Wah sangat mengejutkan ya sedulur?

Hal ini terjadi karena dalam nasi tiwul terdapat banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung dalam nasi tiwul;


Kandungan nutrisi nasi tiwul di setiap 100 gram bahan baku (singkong)
·        Mengandung 63. 50 gram air
·        Karbohidrat 35 gram
·        Fospor sebanyak 40 gram
·        Vitamin C 30 mg
·        Kalsium 33 mg
·        Zat besi 0. 70 mg
·        Protein 1. 20 mg
·        Lemak 0. 30 mg
·        Vitamin B1 0. 01 mg
·        Mengandung kalori (121 kal) lebih rendah dari nasi beras
Khasiat  nasi tiwul berdasarkan prosesnya:
Menjaga Kesehatan Pencernaan
Dalam proses pembuatan nasi tiwul yang cukup lama  menjadikan kandungan pati mengalami interaksi yang di namakan retrogradasi yang artinya terjadi interaksi antar fraksi amilosa pada pati saat dalam proses pembuatan dan menghasilkan pati retrogradasi atau pati resisten. Pati resisten adalah jenis pati yang lolos untuk pencernaan  yang sehat.  
Nasi tiwul Sebagai Sumber Energi
Kandungan asam butirat yang terdapat di dalam  nasi tiwul menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain  itu, menurut beberapa penelitian kesehatan, asam butirat bisa menghambat berkembangnya sel- sel kanker dalam tubuh.
Nasi tiwul Sebagai Makanan Diet Penderita Diabetes
Di ketahui bahwa penyakit diabetes adalah jenis penyakit yang sulit sekali di sembuhkan. Penyakit ini ada sejak tahun 1552 SM (sebelum masehi). Bila sesorang terkena diabetes maka si penderita wajib memperhatikan pola makan yang seimbang. Semestinya, penderita diabetes menghindari nasi sebagai sumber tenaga. 
Alasanya nasi adalah jenis makanan pokok yang menyimpan kalori lumayan tinggi sehingga kalori yang di serap oleh tubuh cepat terurai dan berubah menjadi gula, Maka dari itu kesehatan menganjurkan umbi umbian untuk penggantinya, salah satunya adalah singkong, Akan tetapi untuk mempermudah  mengkonsumsinya umbi tersebut di buat menjadi nasi tiwul.
Mengapa nasi tiwul baik untuk penderita diabetes?

Sebab kandungan kalori didalam  nasi tiwul (121 kal) lebih rendah jika di bandingkan dengan nasi putih yang tinggi akan kalori.

Wah ternyata dalam makanan tradisional ini menyimpan banyak khasiat ya sedulur.Semoga artikel ini memberi sedikit tambahan ilmu dan manfaat ya lurr.Terimakasih.

4 Responses to "Manfaat nasi tiwul untuk mengobati diabetes."

  1. Saya jual oyek nasi tiwuL,,,
    Tinggal dikukus sudah jadi...praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete

Gunakan bahasa yang santun dan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel