Apa itu gaplek, bagaimana membuatnya dan apa manfaat gaplek bagi kesehatan? - www.retqa.my.id

Apa itu gaplek, bagaimana membuatnya dan apa manfaat gaplek bagi kesehatan?

Konten [Tampil]
Apa itu gaplek..? Tentu bagi sedulur Portal manyaran sudah tidak asing lagi bila mendengar kata gaplek. Kali ini mimin Portal manyaran akan membahas sedikit tentang Apa itu gaplek, bagaimana membuatnya dan apa manfaat gaplek bagi kesehatan? Bahan makanan yang bernama Gaplek ini pasti banyak kita temui di daerah Wonogiri, Jawa tengah. Sebab Kabupaten Wonogiri yang terkenal akan waduk Gajah Mungkurnya ini, juga acap kali di juluki gelar Kota Gaplek.



APA ITU GAPLEK?

Gaplek sebenarnya adalah sejenis bahan makanan yang sangat khas dari kota Wonogiri, terbuat dari ubi ketela pohon atau singkong yang dikupas lalu dikeringkan. Bila mana Gaplek telah kering, lalu ditumbuk hingga halus hingga menjadi Tepung Tapioka. Dalam kehidupan sehari-hari warga kota wonogiri tempo dulu tepung gaplek ini adalah bahan makanan pokok pengganti nasi. Di era penjajahan tempo dulu, tepung gaplek yang diolah menjadi nasi tiwul adalah pilihan bagi masyarakat Wonogiri dan sekitarnya untuk bertahan hidup. Pembuatan Gaplek sebernanya juga suatu untuk pengawetan ubi ketela pohon. Karena ubi ketela pohon yang segar yang telah dipanen  hanya mampu bertahan selama 3 hari untuk dikonsumsi.. Sedangkan apabila di proses menjadi Gaplek akan bertahan agak lama, mungkin bisa sebulan atau lebih.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT GAPLEK?

Bagi sedulur Portal manyaran yang penasaran bagaimana cara pembuatan Gaplek, sebenarnya pembuatanya cukup mudah. Pembuatan Gaplek yang notabene adalah ubi ketela pohon  (manihot utilisima)  ini tidak memerlukan peralatan yang khusus. Berikut ini cara sederhana bagaimana membuat Gaplek;

  1. Siapkan  Ubi kayu/ singkong yang segar dan pisau yang tajam
  2. Kupas Ubi kayu  hingga bersih, hingga terlihat putih bersih.
  3. Cuci Ubi kayu yang telah dikupas tadi dengan air hingga bersih.
  4. Keringkan Ubi kayu di bawah terik matahari hingga kadar airnya hilang.
Selain cara diatas yang merupakan cara membuat gaplek glondongan, berikut ini ada beberapa cara lain bila sedulur Portal manyaran ingin membuat Gaplek ini dengan bentuk yang lain;
  • Gaplek Rajangan; cara membuatnya hampir sama, yaitu Singkong yang telah dikupas dan di cuci tadi di potong menggunakan pisau atau alat potong lalu di keringkan di bawah matahari. Pembuatan Gaplek Rajangan ini memeiliki ke untungan proses pengeringan akan lebih cepat.
  • Gaplek Irisan; cara pembuatanya hampir sama dengan proses diatas, namun potongan Gaplek akan lebih kecil. Biasanya gaplek akan berbentuk seperti dadu atau seperti di bentuk seperti koin. Pengerinan Gaplek lebih cepat lagi. 
  • Tepung Gaplek; tepung gaplek (glepung) adalah produk turunan dari bahan gaplek itu sendiri. Pembuatanya cukup mudah yaitu gaplek yang sudah kering ditumbuk hingga halus dengan menggunakan lumpang. Tepung gaplek inilah yang nantinya akan menjadi bahan pembuatan Nasi Tiwul.
  • Gronjol Gaplek; gronjol gablek pembuatannya hampir sama dengan pembuatan tepung gaplek, namun saat di tumbuk dalam lumpang tidak sampai halus. Biasanya gronjol gaplek ini di gunakan untuk tambahan pakan ternak pengganti bekatul.
  • Tepung Tapioka; agak sedikit berbeda dengan produk-produk diatas, pembuatan tepung tapioka sedikit agak lama. Namun meski agak lama pembuatan tepung tapioka ini tergolong cukup mudah. Yaitu setelah dikupas dan di cuci bersih singkong lalu di direndam dalam air garam 8%. Setelah 15 menit kemudian di parut, kemudian dicampur dengan air lalu diremas-remas dan disaring. Hasil saringan tadi kemudian di jemur. Setelah kering kemudian digiling dan disaring lagi jadilah Tepung Tapioka.
MANFAAT GAPLEK BAGI KESEHATAN.

Bahan makanan Gaplek ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bahan makanan yang notabene terbuat dari ubi kayu yang di keringkan ini mengandung banyak nilai gizi, diantaranya adalah;

  1. Jumlah kandungan energi 342 kkl
  2. Jumlah kandungan protein 2.3 gr
  3. Jumlah kandungan lemak 0.1 gr
  4. Jumlah kandungan karbohidrat 38.1 gr
  5. Jumlah kandungan kalsium 27 mg
  6. Jumlah kandungan fosfor 61 mg
  7. Jumlah kandungan zat besi 7.6 mg
  8. Jumlah kandungan vitamin A 0 IU
  9. Jumlah kandungan vitamin B1 0.06 mg
  10. Jumlah kandungan vitamin C 0 mg

Kandungan nilai gizi diatas menjadikan bahan makanan gaplek memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita bila di konsumsi. Berikut ini manfaat-manfaat yang bisa sedulur  Portal manyaran dapatkan bila rutin mengkonsumsi makanan hasil olahan dari Gaplek.
  • Manfaat Gaplek Sebagai Sumber Energi kandungan karbohidrat dalam gaplek dapat dijadikan alternatif sumber energi sebagai pengganti nasi. Tentunya setelah diolah menjadi Nasi Tiwul.
  • Manfaat Gaplek Menjaga kesehatan pencernaan dalam pembuatan gaplek akan memerlukan proses yang cukup panjang. Hal ini memeungkinkan  pati yang dihasikan dari gaplek adalah pati resiten. Pati resisten sangat baik untuk kesehatan pencernaan.
  • Manfaat Gaplek Sebagai anti diabetes untuk penderita diabetes tentunya akan dibatasi dalam mengkonsumsi nasi. Karena nasi mengandung kadar gula yang tinggi. Sebagai gantinya mengkonsumsi gaplek yang diolah menjadi nasi tiwul dapat menggantikan peran nasi sebagai makanan pokok. 
Itulah sedikit artikel pembahasan tentang Apa itu gaplek, bagaimana membuatnya dan apa manfaat gaplek bagi kesehatan? yang berhasil mimin Portal manyaran himpun dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

2 Responses to "Apa itu gaplek, bagaimana membuatnya dan apa manfaat gaplek bagi kesehatan?"

Gunakan bahasa yang santun dan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel