Wisata alam dan spiritual Dlepih Kahyangan Wonogiri. - www.retqa.my.id

Wisata alam dan spiritual Dlepih Kahyangan Wonogiri.

Konten [Tampil]
Salam sejahtera sedulur portal manyaran dimanapun anda berada. Wonogiri merupakan salah satu kabupaten di wilayah provinsi Jawa tengah yang mempunyai keindahan alam yang sangat megah. Semua itu adalah karunia Allah SWT yang wajib kita syukuri.

Keindahan alam ini lah yang menciptakan potensi-potensi wisata yang menarik, yang sebagian telah tergali dan sebagian masih terpendam dan tersembunyi di balik hinggar bingar kota wonogiri yang terkenal dengan gapleknya ini.

Salah satu keindahan alam yang sudah di sulap menjadi tempat wisata yang indah adalah kawasan wisata Dlepih kahyangan yang berada di kecamatan tirtomoyo,wonogiri. Tempat tersebut sebenarnya adalah sebuah tempat petilasan yang dulunya digunakan oleh raja-raja tanah jawa untuk tempat meditasi untuk mendekatkan diri kapada Allah sang pencipta.



Oleh sebab itu banyak pelancong yang mengunjungi tempat ini dengan berbagai tujuan. Baik untuk sekedar mengagumi keindahan alam di kawasan wisata Dlepih kayangan atau untuk berwisata spiritual di tempat ini.

Ada sebuah cerita legenda yang menarik di tempat ini. Pada masa kejayaan kerajaan mataran tersebutlah seorang ksatria tangguh yang bernama panembahan senopati yang menepi ditempat ini. Beliau mempunyai cita-cita untuk duduk di tahta mataram dan memohon kepada sang pencipta untuk mengabulkannya.

Singkat cerita beliau kemudian dipertemukan dengan Ratu pantai selatan dan kemudian Sang Ratu menemani Sang panembahan senopati untuk bersemedi di Dlepih kayangan. Saat bersemedi dengan ditemani Sang Ratu pantai selatan, tiba-tiba ada penduduk setempat yang tidak sengaja melewati tempat tersebut yang bernama Nyai Puju. Dengan sigap Sang Ratu pantai selatan menarik tangan Panembahan senopati,  tanpa sengaja tasbih yang berada di tangan Panembahan senopati teetarik dan putus talinya. Batu tasbih pun tersebar di area aliran mata air kahyangan. Konon ceritanya siapapun yang menemukan batu tersebut akan mendapatkan keberuntungan. Tak ayal banyak wisatawan spiritual yang berburu batu tasbih tersebut.

Dan pada akhirnya Panembaha senopati dapat duduk di tahta kerajaan mataram. Beliau menjadi orang pertama yang naik tahta pemerintahan kerajaan mataram dengan tanpa pertumpahan darah.

Kawasan Dlepih kayangan mempunyai situs-situ yang menarik untuk dikunjungi, seperti;

  • Sela Gapit, merupakan dua buah batu besar yang saling berhimpit membentuk cetah yang digunakan sebagai jalan masuk menuju petilasan yang lain.
  • Sela Bethek, merupakan salah satu tempat bersemadi yang berupa batu besar yang dibagian bawahnya bisa digunakan untuk tempat berteduh. 
  • Sela Payung, merupakan tempat bersemadi Panembahan Senopati yang berupa batu besar dengan rongga besar di samping hingga bagian bawah sehingga dapat digunakan sebagai tempat berteduh.
  • Sela Gawok, merupakan batu besar dengan lobang di batu yang hanya cukup untuk satu orang bersemadi. 
  • Sela Gilang, merupakan batu datar yang dahulu digunakan oleh Panembahan Senopati menunaikan ibadah shalat lima waktu.
  • Kedung Pasiraman, merupakan tempat di aliran mata air Kahyangan yang digunakan Panembahan Senopati semadi kungkum (berendam).
Monggo sedulur portal manyaran yang penasaran dan ingin berwisata alam serta spiritual, silahkan berkunjung ke tempat wisata Dlepih kahyangan di kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri, Jawa tengah.

0 Response to "Wisata alam dan spiritual Dlepih Kahyangan Wonogiri."

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun dan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel