Mengenal Patih Sengkuni dan kisah hidupnya. - www.retqa.my.id

Mengenal Patih Sengkuni dan kisah hidupnya.

Konten [Tampil]

 Pada artikel kali ini mimin Portal manyaran akan membahas tentang siapa sebenarnya patih sengkuni dan bagaimana kisah hidupnya. Tentu mendengar nama Patih Sengkuni atau Patih Haryo Suman pasti tidak asing lagi bagi sedulur Portal manyaran. Namun atas nama rasa ikut memiliki budaya jawa yang adi luhur, terutama budaya wayang kulit kali ini mimin akan menuliskan artikel tentang Siapa Patih Sengkuni dan Bagaimana kisah hidupnya.

Tentu sedulur Portal manyaran tau bahwasannya Patih Sengkuni adalah salah satu motor penggerak kaum kurawa dalam memegang kendalai negara Astina. Karena sebagai seorang paman sekaligus Patih negara Astinapura, Patih Sengkuni acap kali memberikan masukan sekaligus nasehat KepadaPrabu Duryudana.

Patih Sengkuni yang merupakan saudara kandung dari Dewi gendari (istri Prabu Destarata) sebenarnya menyimpan dendam kepada Negara Astinapura, pasalnya seluruh keluarganya mati dalam penjara Negara Astina, kecuali dirinya dan Dewi Gendari. Patih Sengkuni juga termasuk patih yang sangat cerdik sekaligus licik yang hanya Prabu Kresna saja yang mampu menandingi akal kecerdikannya.

Patih Sengkuni berasal dari Negara Plasajenar. Nama lain (Dasanama) Patih Sengkuni sebagai berikut;

  • Harya Suman.
  • Tri Galpati.
  • Sengkuni.
  • Raden Swelaputra.
Patih Sengkuni mempunyai 1 istri dan 3 putra, istri dari patih sengkuni bernama Dewi Sukesti atau Dewi Surakesti dan mempunyai 3 putra diantaranya adalah ;
  1. Raden Antisura.
  2. Raden Surabasa.
  3. Raden Antipati.
Patih Sengkuni memiliki suatu pusaka yang bernama Minyak Tala. Di mana pusaka ini sudah terserap dalam kulitnya, hingga tidak ada senjata yang mampu melukainya.

Kelahiran Patih Sengkuni.

Patih Sengkuni merupakan tokoh pewayangan Baratayudha yang ditakdirkan berwatak licik dan culas. Pada saat kelahirannya di tandai dengan terusirnya seoran Dewa dari kayangan. Dewa yang terusir ini bernama Dewa Dwapara yang merupakan Dewa yang memangku sifat licik dan culas. Terusirnya Dewa Dwapara ini bertepatan dengan lahirnya Patih Sengkuni.
Dengan kejadian itu Patih Sengkuni memang ditakdirkan untuk menjadi tukang pemanas suasana. Dan di masa hidupnya Patih Sengkuni ini selalu mengibasi batu api angkara menjadi api angkara yang berkobar-kobar.

Masa Kecil Patih Sengkuni.

Patih Sengkuni merupakan anak kedua dari empat saudara anak Prabu Suwala. Masa kecil Patih Sengkuni bernama Raden Tri Galpati. Saudarinya yang paling kecil bernama Dewi Antiwati yang menjadi istri Patih Udawa dari Dwarawati.

Masa Muda Patih Sengkuni.

Patih Sengkuni di masa muda mempunyai perawakan yang kecil dan tampan. Pada waktu muda Sengkuni mengikuti sebuah sayembara yang merebutkan Dewi Kunti. Namun sayembara itu di menangkan oleh Pandudewanata

Merasa kurang puas dengan hasil sayembara, Sengkuni menantang pandu di luar sayembara dengan mempertaruhkan Dewi Gendari. Singkat cerita Sengkuni kalah dan Dewi Gendari di bawa Pandu menuju kerajaan Astina.

Di Astina Dewi Gendari di jodohkan dengan Destarata, hal inilah yang membuat Sengkuni semakin membenci Pandu. Dan membuat bibit-bibit rencana jahat sengkuni mulai tumbuh.

Dalam melaksanakan niat jahatnya tersebut sengkuni menggunakan berbagai macam cara untuk membalas dendam. Hingga sampai pada titik terkelamnya saat Sengkuni memanfaatkan 100 keponakanya yaitu kurawa untuk mencapai tujuannya.

Patih Sengkuni
Patih sengkuni.
Portal manyaran




Patih Sengkuni pada perang Baratayuda.

Pada perang Baratayuda Sengkuni tampil menjadi pengatur strategi yang sangat handal sekaligus licik. Bahkan bilaman Pandawa tidak di dukung oleh Kresna pastilah Pandawa kalah telak dengan kurawa.

Dan saat Patih Sengkuni tampil dalam perang baratayuda tak ada yang mampu melukainya, bahkan Raden Werkudara pun tak mampu menggores kulit Sengkuni. Dan akhirnya Kresna membuka rahasia kelemahan Sengkuni yaitu di duburnya. Kesaktian Sengkuni ini m dari Minyak tala milik Pandu yang dulu kala menjadi perebutan. Dan saat minyak tala tumpah, Sengkuni langsung telanjang dan bergulung-gulung di bekas tumpahan minyak tala tersebut. Namun karena takdir minyak tersebut tidak menyentuh bagian dubur dan menjadi titik kelemahan Sengkuni.

Itulah sedikit kisah tentang Patih Sengkuni dan kisah hidupnya, semoga kisah ini memberikan sisi positif kepada sedulur Portal manyaran. Semoga kisah dari budaya kita, hasil cipta rasa serta karsa leluhur kita dapat memberi manfaat dan memotivasi kita dalam menjalani kehidupan ini. Terimakasih, salam paseduluran Portal Manyaran sak lawase.




0 Response to "Mengenal Patih Sengkuni dan kisah hidupnya."

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun dan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel