Nama Keris Senjata Buto Cakil. - www.retqa.my.id

Nama Keris Senjata Buto Cakil.

Konten [Tampil]
Keris senjata Buto cakil adalah pusaka yang selalu muncul dalam setiap pertunjukan wayang, apakah nama keris tersebut?

Salam sejahtera sedulur Portal Manyaran, semoga kesehatan selalu dilimpahkan kepada kita semua. Aamiin. Pada artikel kali ini mimin ingin membahas senjata tokoh wayang legendaris yaitu Buto cakil. Kenapa Buto cakil saya sebut legendaris, karena di balik karakternya banyak rahasia dan ke istemewaan yang tidak banyak orang tau, bahkan penggemar wayang berat yang belum mendalami budaya wayang itu sendiri pasti tidak akan mengetahui istemewanya Buto cakil ini.

Oke, kita akan kembali ke inti artikel ini yaitu apakah nama keris buto cakil yang jarang disebutkan oleh dalang.

Dari sekian banyak ahli yang mimin Portal Manyaran temui tidak ada yang mengetahui tentang nama keris senjata buto cakil ini, hingga akhirnya mimin bertemu dengan Bapak Bendhoel Sutopo dari tlatah surakarta.

Menurut beliau, keris yang menjadi senjata andalan dari buto cakil ini bernama keris Kiyai Pangkring Peksi. Entah beliau mengetahui itu dari sumber rujukan mana namun menurut penuturan beliau keris ini adalah pusaka pemberian dari dewa kayangan.

Bendhoel sutopo adalah penggiat seni yang menyukai pagelaran wayang kulit, menurut penuturan beliau keris yang di miliki Buto Cakil adalah Keris Kiyai Pangkring Peksi. Beliau menambahkan bahwasanya nama keris tersebut di bahas mendalam dalam lakon Cakil lahir dan lakon Cakil takon bopo.

Seberti yang sedulur portal manyaran ketahui, bahwasanya keris adala senjata utama kaum pria suku jawa. Disamping sebagai senjata biasanya keris juga merupakan simbol karateristi sang pemilik. Hingga munculah berbagai pamor keris yang beraneka ragam. Pamor ini memberikan sugesti kepada wibawa dan pembawaan sang pemik. 

Begitulah sedikit tulisan yang mimin tuliskan tentang Nama keris senjata andalan Buto cakil. Semoga menambah ilmu dan memberikan manfaat. Terimakasih.

0 Response to "Nama Keris Senjata Buto Cakil."

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun dan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel