Apa itu cempala. - www.retqa.my.id

Apa itu cempala.

Konten [Tampil]

 Apa itu cempala, bagi sedulur portal manyaran tentu tidak asing dengan nama cempala. Cempala adalah salah satu alat yang digunakan oleh dalang untuk memukul kotak wayang.

Cempala ini digunakan dalang saat memberikan aba-aba atau isyarat untuk penabuh gamelan. Selain itu cempala juga digunakan untuk membangun suasana dan menambah greget dalam suatu pertunjukan wayang.

Cempala adalah alat pedalangan yang terbuat dari kayu. Kebanyakan kayu untuk pembuatan cempala ini berasal dari kayu sana, kayu nangka atau galih asem( bagian tengah pohon asem yang sudah tua). Namun di era jaman dahulu juga ada cempala yang terbuat dari tanduk kerbau.

Cempala
Cempala galih asem

Cara menggunakan cempala adalah dengan menggunakan tangan dengan menggengamnya dan ada pula yang menggunakan kaki dengan menjapit dengan jempol kaki biasanya ukurannya lebih kecil.

Cempala kini banyak sekali beredar di pasaran dengan harga yang beragam sesuai dengan ukuran, jenis bahan baku dan kehalusan pengerjaan. Sedulur portal manyaran bisa memesannya langsung kepada pengrajin, salah satunya adalah Bp. Karno yang beralamatkan Desa Tanjung, kelurahan punduhsari, Manyaran, Wonogiri. Beliau adalah salah satu pengrajin kayu di area manyaran yang produk buatanya adalah cempala. Sedulur portal manyaran dapat memesan melalui https://www.facebook.com/portal.manyaran.98. Atau pun lewat online shop seperti shope, lazada dsb sudah tersedia beragam cempala sesuai dengan selera anda.

Semoga artikel diatas dapat menjawab pertanyaan sedulur portal manyaran dan memberi manfaat. Terimakasih.


0 Response to "Apa itu cempala."

Post a Comment

Gunakan bahasa yang santun dan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel